Mengenal Penyakit Tifus

Kita pasti sudah sering mendengar istilah penyakit tifus. Apa sih penyakit tifus itu? Tifus atau tipes atau juga demam tifoid adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi yang biasanya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit ini sering dialami oleh anak-anak dan dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan cepat.

Penyakit tifus ini mudah menular melalui makanan serta minuman yang terkontaminasi. Paparan bakteri pada makanan atau minuman bisa terjadi saat seseorang kurang menjaga kebersihan tangan atau mengonsumsi makanan yang dibersihkan menggunakan air yang tercemar bakteri Salmonella Thypi. Pastikan juga untuk selalu mengonsumsi minuman dengan tingkat kematangan yang optimal.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit tifus? Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan vaksinasi tifoid. Vaksin tifoid diberikan kepada anak yang sudah berusia di atas dua tahun dan diulang tiap tiga tahun. Vaksinasi pun dianjurkan bagi orang yang berniat bekerja atau bepergian ke daerah yang sedang dilanda kasus penyebaran tifus. Seperti vaksin pada umumnya, vaksin tifoid tidak memberikan perlindungan 100%. Anak yang sudah diimunisasi tifoid tetap rentan terserang terinfeksi, tetapi tingkat infeksi yang dialami anak yang sudah divaksin tidak akan seberat mereka yang belum divaksin. Tindakan pencegahan lain yang juga perlu dilakukan adalah memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Sebaiknya hindari makan di tempat terbuka yang mudah terpapar bakteri dan sebaiknya mengonsumsi minuman dalam kemasan.

Namun apa yang dapat kita lakukan jika terkena penyakit tifus? Cara yang paling efektif dalam menangani tifus adalah dengan segera mungkin memberikan terapi antibiotik. Selain itu, obat penurun demam juga dapat membantu untuk menurunkan suhu tubuh. Pengobatan tifus dalam dilakukan di rumah sakit, tetapi jika gejala masih ringan dan terdeteksi lebih cepat, maka perawatan bisa dilakukan di rumah. Pengobatan bisa dilakukan di rumah atau jika perlu dilakukan di rumah sakit. Pengobatan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit tifus yang dialami pasien.

Tifus merupakan penyakit yang bisa dicegah jika tahu apa penyebab hingga gejalanya. Maka dari itu, segera hubungi dokter jika mengalami gejala-gejala atau kondisi yang membuat mengkhawatirkan.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started