Pentingnya Menjaga Pola Tidur di Masa Pandemi

Selain menjaga imunitas, kebersihan diri dan asupan gizi yang baik, menjaga waktu tidur yang berkualitas juga tak kalah penting di tengah pandemi ini.  Tidur merupakan salah satu aktifitas yang penting untuk kesehatan. Tidur nyenyak adalah salah satu langkah terbaik yang dapat diambil untuk menjaga tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Tapi bukan hanya tentang durasi tidur, berpegang teguh pada pola tidur yang konsisten sama pentingnya dengan menjaga kesehatan kita.

Kebijakan stay at home membuat kita punya lebih banyak waktu luang di rumah. Namun, seringkali kita jadi lupa untuk menjaga pola tidur. Entah karena sering begadang atau malah kebanyakan tidur sampai siang. Selain masalah kesehatan, sering begadang dan memiliki pola tidur yang tak teratur dapat menimbulkan berbagai masalah lain. Lalu, mengapa kita harus menjaga pola tidur terutama selama pandemi ini?

  • Tubuh Menjadi Lebih Sehat. Memiliki waktu tidur yang berkualitas tidak menjamin tubuh akan kebal terhadap penyakit. Namun dengan waktu tidur yang berkualitas maka dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit.
  • Menguatkan Imun Tubuh. Pola tidur yang sehat dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh. Saat tidur, sel-sel imun dapat bekerja maksimal karena hormon-hormon yang menghalangi proses ini menurun.
  • Meningkatkan Mood. Menurut laman Better Health, orang yang kekurangan tidur cenderung mengalami peningkatan emosi negatif daripada emosi positif. Emosi-emosi negatif ini tentu perlu dihindari di masa sekarang ini. Tidur cukup setiap harinya akan membuatmu lebih bahagia, dan secara tidak langsung, imunitas juga jadi meningkat. 
  • Menjaga Kesehatan Mental. Selain itu, pola tidur yang sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Kurang tidur membuatmu sulit untuk mengatasi stres ringan. Di masa sulit seperti pandemi sekarang ini, kamu perlu tetap tenang untuk menghindari kepanikan yang tidak perlu. Stres pun juga akan berpengaruh ke sistem imun yang menjadi pertahanan utamamu untuk melawan virus.
  • Meningkatkan Produktivitas. Dengan istirahat yang cukup, produktivitas juga turut meningkat. Tidur berkualitas akan membuat kita lebih fokus, mengurangi kemungkinan burnout, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan, menajamkan ingatan, hingga mengurangi kesalahan. Selain itu, kita juga dapat menjadi lebih kreatif dengan tidur yang cukup karena dapat berpikir dengan lebih jernih.

Maka dari itu, jangan remehkan pentingnya tidur terutama di masa pandemi ini, ya! Kita juga harus memperhatikan pentingnya tidur bagi kesehatan. 

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started